LAPORAN
PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
CLIENT-SERVER
TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Disusun Oleh
:
Fikri
Khalish (064001800031)
Kelompok L
dan
Emo Syahrul K. (064001800016)
Kelompok U
Teknik
Informatika
Fakultas
Teknologi Industri
Universitas
Trisakti
Jakarta –
Indonesia
2019
Tujuan
Diharapkan mahasiswa dapat memahami
dan mampu membuat program yang menghubungkan dua buah laptop dimana salah
satunya bertindak sebagai server dan yang lainnya bertindak sebagai client dan
dapat saling berbagi informasi.
Teori
Percobaan
Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana
client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan
aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan
bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
Dalam model
klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tetapi
masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen
klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut
sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah
workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut
akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi
pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan
di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan
yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien,
dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada
klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server
dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang
berinteraksi dengan pengguna.
CARA
PERCOBAAN
1. Siapkan dua laptop untuk percobaan. Laptop ke-1 untuk server laptop ke-2
untuk client
2. Tulis Source code untuk laptop client
import java.io.*;
import java.net.*;
import java.util.*;
public class TCPEchoClient {
private static InetAddress host;
private static final int PORT =2480;
public static void main (String
args[]) {
try{
host
= InetAddress.getByName("192.168.43.100");
}
catch(UnknownHostException
uhEx) {
System.out.println("Host
ID not found!");
System.exit(1);
}
accessServer();
}
private static void accessServer(){
Socket
link =
null; //
STEP 1
try{
link
= new Socket(host, PORT); //STEP
1
Scanner
input = new Scanner(link.getInputStream()); //STEP
2
PrintWriter
output = new PrintWriter(link.getOutputStream(), true);//STEP 2
//Set
up stream for keyboard entry....
Scanner
userEntry = new Scanner(System.in);
String
message, response;
do{
System.out.print("Client>
Enter message: ");
message
= userEntry.nextLine();
output.println(message); //STEP
3
if(!message.equals("QUIT")){
response
= input.nextLine();
System.out.println("\nServer>
" + response);
}
}while(!message.equals("QUIT"));
response
= input.nextLine(); //STEP
3
System.out.println(response);
}
catch(IOException
ioEx){
ioEx.printStackTrace();
}
finally{
try{
System.out.println("\n*
Closing connection... *");
link.close(); //STEP
4
}
catch(IOException
ioEx){
System.out.println("Unable
to disconnect!");
System.exit(1);
}
}
}
}
|
3. Tulis Sourcode untuk laptop server
import java.io.*;
import java.net.*;
import java.util.*;
public class TCPEchoServer{
private static ServerSocket servSocket;
private static final int PORT=2480;
public static void main(String args[]){
System.out.println("Opening
port...");
System.out.println("Awaiting
for data...");
try{
//
STEP1: Create ServerSocket object
servSocket
= new ServerSocket(PORT);
}
catch(IOException
ioEx){
System.out.println("Unable
to attach to port!");
System.exit(1);
}
do{
handleClient();
}while(true);
}
private static void handleClient(){
Socket
link=null;
try{
link=servSocket.accept();
Scanner
input= new Scanner(link.getInputStream());
PrintWriter
output=new PrintWriter(link.getOutputStream(),true);
int
numMessages = 0;
String
message = "";
do{
message=input.nextLine();
if(!message.equals("Quit"));{
System.out.println("Message
received->"+ message);
numMessages++;
output.println("Message"
+numMessages+":"+message);
}
}while(!message.equals("Quit"));
output.println(numMessages+"message
received.");
}
catch(IOException
ioEx){
ioEx.printStackTrace();
}
finally{
try{
System.out.println("\n*
Closing connection...*");
link.close();
System.out.println("Waiting
new connection...");
}
catch(IOException
ioEx){
System.out.println("Unable
to disconnect");
System.exit(22);
}
}
}
}
|
4. Jalankan program server terlebih dahulu
5. Sekarang jalankan program client
6. Selanjutnya kita mengirim pesan dari Client dan akan diterima oleh Server
dan proses chatting berhasil.
KESIMPULAN
Pada praktikum kali ini
dilakukan percobaan pembuatan jaringan antara client dengan server menggunakan
pemrograman bahasa java. Server dan client harus dalam satu jaringan ,salah
satunya menggunakan wi-fi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar